8 Desember 2021

Jamnas ke-50 VW Indonesia, Panpel Libatkan 12 Klub Jabodetabekban

JAKARTA, MEDIA FORWARD NEWS – Panitia Pelaksana Jambore Nasional ke-50 Volkswagen Indonesia Assoiation (Jamnas ke-50 VIA) yang akan digelar di Bumi Perkemahan Buperta Cibubur, Jakarta Timur, selama tiga hari pada 27-29 September 2019, Panitia Pelaksana melibatkan 12 Klub VW se-Jabodetabekban.

Para pecinta kendaraan pabrikan Jerman Volkswagen (VW) klasik di Indonesia boleh berbangga hati, pasalnya Volkswagen Indonesia Association (VIA) yang dinahkodai mantan Wakapolri Komjen Nanan Sukarna itu bakal menggelar Jambore Nasional (Jamnas) Emas ke-50.

“Jamnas ke-50 ini bukan hanya sebagai ujang kumpul para VW-ers saja yang datang dari privateer, klub dan komunitas, tapi juga bagi seluruh pecinta dunia klasik dan antik, baik itu mobil, motor dan komunitas hobi lainnya. Juga tentunya mengajak kaum milenial untuk lebih mencintai mobil dan motor dan klasik. Kita ikut mendorong mereka untuk lebih peka terhadap kegiatan sosial dan berkegiatan charity bersama. Jamnas VW kali ini juga dalam bingkai untuk menegaskan prinsip bersatu-bersaudara’,” tambah Nanan dalam keterangan resminya.

 

Ketua Panitia Pelaksana Jamnas, Didit Soedarto mengatakan bahwa, Jamnas 2019 ini merupakan yang ke-50 kalinya, dan perhelatan emas bagi VIA dalam mempersatukan beragam klub, komunitas dan privateer pecinta VW klasik yang terus eksis di bumi Indonesia.

“Karena Jakarta menjadi tuan rumah Jamnas ke-50, saya mengajak semua klub VW, khususnya di wilayah Jabodetabek untuk berperan aktif mengirimkan perwakilannnya terlibat bersama demi mewujudkan suksesnya acara ini. Perwakilan ini selanjutnya ditempatkan pada pos-pos panitia yang membutuhkan,” ucap Didit saat Press Conference VolkWOWgen, di kawasan Tebet, Jakarta, Sabtu (7/9/2019).

Dikatakan Jamnas VIA Emas ke-50 yang berlabel ‘VolkWOWgen’, kali ini mengusung tema ‘Bersatu-Bersaudara. Terinspirasi dari situasi dan kondisi kekinian dari masyarakat, untuk menguatkan akar dan rasa persatuan di kalangan penggemar VW khususnya dan umumnya.

Yang menarik, Jamnas VW ke-50 bakal diisi dengan acara sosial seperti donor darah dan bakti sosial, serta gerakan peduli lingkungan mengurangi sampah plastik dan menanam pohon. Selain itu ada juga kegiatan lain, diantaranya aeromodeling, terjun payung, drone exhibition, dyno test, lomba slalom, lomba e-game online, lomba fotografi dan demo masak selera nusantara.

Kegiatan jambore kali ini, menurut Didit, akan dibagi dalam dua acara, yaitu acara utama dan acara pendukung.

Acara utama terdiri dari kontes kendaraan yang digelar indoor (tenda) dan out door, kemudian displai dan bursa VW, bursa spare parts dan merchandise, food truck dan festival kuliner, pergelaran seni budaya Betawi dan aneka permainan, sarasehan VW Indonesia, camping keluarga, dan program lingkungan, mengurangi sampah plastik.

Program acara pendukung terdiri dari Motorsport, Drive in Theater VW, lomba fotografi dan game online, gowes bareng, senam jasmani, pameran drone dan aeromodeling plus terjun payung, demo masak, dan Beetle Camp (menghadirkan berbagai model dan tahun ‘VW kodok’ dari generasi awal hingga terakhir).

Masuk dalam acara pendukung VIA juga mengundang partisipasi klub otomotif lain, seperti Mercedes-Benz Club Indonesia (MBCI), Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI), Klasik Retro (Katro), Euro Retro, Nu Volks, Holden Indonesia, Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) dan lain-lain.

Panitia Jamnas VIA ke-50 ini menargetkan 4.000-an anggota yang akan hadir bersama 2.000 unit Volkswagen dari berbagai jenis dan tahun pembuatan dari seluruh penjuru Nusantara.

Sudah menjadi tradisi, kegiatan kali ini akan mendisplai sektar 100 unit VW terbaik di Indonesia.

Didit mengatakan, dalam acara jamnas nanti panitia akan menghadirkan mobil Volkswagen yang pernah dimiliki oleh Presiden Republik Indonesia Pertama Ir Soekarno.

“Bung Karno sudah sejak awal menggemari mobil VW. Yang akan kita tampilkan nanti adalah model Karman Ghia yang saat ini dimiliki dan dirawat oleh Didi Wiroto,” ujar Didit.

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi beberapa klub, komunitas, dan privateer pecinta VW di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Banten (Jabodetabekban).

Adapun tuan rumah kali ini adalah Korwil Jabodetabekban yang memiliki 12 klub seperti Volkswagen Van Club (VVC), Volkswagen Beetle Club (VBC), Bogor Volkswagen Club (BVC), Frogs & Bread Volkswagen Club (FBVC), Independence Volkswagen Society (IVS), Volkswagen Collectible 13 (VC13), Bus Club Indonesia (BCI), Volkswagen Racing Association (VRA), Volkswagen Bekasi (VWB), Volkswagen Tangerang (VOLTA), Keluarga Volkswagen Banten (KVB) dan Klub Volkswagen Depok (KVD). (Ida)

Tinggalkan Balasan