Kamis, Juni 13, 2024
BerandaNASIONALKabar Gembira...Harga BBM Pertalite dan Pertamax Turun Mulai Hari Ini

Kabar Gembira…Harga BBM Pertalite dan Pertamax Turun Mulai Hari Ini

MEDIA FORWARD NEWS – Kabar gembira, Pertamina menurunkan harga Bahan Bakar Minyak atau Harga BBM nonsubsidi.

Penurunan Harga BBM nonsubsidi itu berlaku mulai Sabtu (5/1/2019) pukul 00.00 WIB atau hari ini.

Dikutip dari siaran pers di laman resmi Pertamina, www.pertamina.com, Jumat (4/1/2019), penurunan Harga BBM nonsubsidi dikarena adanya penurunan harga rata-rata minyak mentah dunia dan penguatan rupiah terhadap dollar.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan, penyesuaian harga yang dilakukan Pertamina telah sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang berlaku.

“Kami telah berkordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, terutama pelanggan setia produk-produk Pertamina,” ujar Nicke Widyawati.

Sementara Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Mas’ud Khamid menambahkan, penyesuaian BBM nonsubsidi tersebut berlaku mulai pada Sabtu tanggal 5 Januari 2019 pukul 00.00 waktu setempat.

Adapun jenis BBM yang mengalami penyesuaian harga sebagai berikut:

– Pertalite turun sebesar Rp 150 per liter
– Pertamax turun sebesar Rp 200 per liter
– Pertamax Turbo turun sebesar Rp 250 per liter
– Dexlite turun sebesar Rp 200 per liter

Harga baru yang berlaku di beberapa daerah bisa berbeda-beda karena dipengaruhi oleh perbedaan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di masing-masing daerah.

Untuk detail harga BBM dapat dilihat di www.pertamina.com

Mas’ud Khamid menambahkan, Pertamina akan terus mengevaluasi secara berkala harga BBM tersebut sesuai dengan dinamika harga minyak mentah dan nilai tukar rupiah di pasar global.

Sebelumnya, penurunan Harga BBM nonsubsidi telah dikaji.

Kabar penurunan Harga BBM telah disampaikan sejak akhir November 2018, namun baru terealisasi pada awal Januari 2019.

Penurunan Harga BBM dilakukan lantaran mengikuti tren harga minyak dunia yang memang cenderung turun dalam beberapa waktu terakhir.

VP Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito, menjelaskan, memang sudah ada pembicaraan dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), tapi sampai saat ini Pertamina masih dalam tahap evaluasi.

“Sedang kita evaluasi. Memang untuk BBK (bahan bakar khusus) non subsidi kami seperti Pertamax itu dipasarkan menyesuaikan harga minyak dunia, jadi acuan harganya pun melihat dari itu,” ujar Adiatma Sardjito, Kamis (29/11/2018).

Adiatma Sardjito menjelaskan bila sampai saat ini semua proses penurunan masih dalam pembahasan internal.

Kondisi ini diperlukan untuk mempelajari perubahan tren minyak dunia yang berguna sebagai acuan harga, serta kapan mulai diterapkan.

Lebih lanjut Adiatma Sardjito menjelaskan, intinya Pertamina mengikut regulasi yang berlaku, Pertamina pun selalu melakukan evaluasi tren minyak dunia tiap tiga bulan sekali, karena itu bukan berarti penurunan harga bisa langsung ditetapkan secepat mungkin. (Red)

mediaforwardnews
mediaforwardnewshttp://mediaforwardnews.com
SEKILAS TENTANG FORWARD Organisasi Forum Wartawan Depok (FORWARD) lahir sejak tahun 2010, dan bangkit kembali tanggal 2 April 2018 yang dikembangkan dengan Pembuatan mediaforwardnews. pada tanggal 10 Juli 2018.
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments