Jumat, Maret 29, 2024
BerandaJAKARTAMenteri Kominfo Batasi Video dan Foto di Medsos Terkait Ricuhnya Aksi Demo...

Menteri Kominfo Batasi Video dan Foto di Medsos Terkait Ricuhnya Aksi Demo 22 Mei

JAKARTA, MEDIA FORWARD NEWS Menyikapi beredarnya berbagai konten video dan gambar negatif terkait kerusuhan 22 Mei 2019, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara secara tegas membatasi penyebaran informasi di media sosial (Medsos).

“Pelaku menggunakan Facebook dan Instagram untuk mengunggah video dan foto, kemudian discreenshot. Konten tersebut pun menjadi viral karena disebarkan di WhatsApp. Jadi, pemerintah melakukan pembatasan sementara penyebaran video dan foto di WhatsApp,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia, Rudiantara saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Chief RA, sapaan akrab Rudiantara, menekankan jika pembatasan ini sifatnya sementara dan tidak menjabarkan sampai kapan waktunya.

“Ini hanya sementara dan lebih ke konten video dan foto. Pasalnya, informasi dalam bentuk gambar lebih cepat menimbulkan emosi dibandingkan informasi tulisan,” katanya.

Dia pun menjelaskan, cara kerja pembatasan yang dimaksudkan adalah jika proses mengunduh dan mengunggah akan lebih memakan waktu.

“Jadi akan mengalami perlambatan kalau download atau upload video karena viral negatifnya,” jelasnya.

Menkominfo menyarankan agar masyarakat mengakses informasi dari media-media terpercaya. Pihaknya pun menganalisa jika memang ada modus penyebaran berita hoaks di media sosial pascakerusuhan.

Dari pantauan wartawan, pembatasan konten video dan gambar tersebut terjadi di Instagram, WhatsApp, Line, Twitter dan Facebook. (Red)

mediaforwardnews
mediaforwardnewshttp://mediaforwardnews.com
SEKILAS TENTANG FORWARD Organisasi Forum Wartawan Depok (FORWARD) lahir sejak tahun 2010, dan bangkit kembali tanggal 2 April 2018 yang dikembangkan dengan Pembuatan mediaforwardnews. pada tanggal 10 Juli 2018.
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments